Perbedaan Biaya (cost) dan beban (expense)

Posted: March 11, 2012 in Akuntansi
Tags: ,

Biaya dan Beban adalah dua hal yang berbeda karakteristiknya. Biaya merupakan bahan olah dasar akuntansi (pengukuran yang dilekatkan pada suatu objek Cost). Dengan pengertian tersebut semua objek yang dapat diukur merupakan objek Cost, dan hasil pengukuran tersebutlah yang disebut Cost.

Contohnya pendapatan Rp 2 juta, biaya Rp 1 juta, Rp mesin 5 jt,dll adalah objek Cost, dan angka-angka yang melekat pada masing-masing objek tersebut (2 juta, 1 juta, 5 juta) adalah Cost yang akan diolah dalam akuntansi.
expense lebih tepat rasanya bila dipadankan dengan kata “biaya” dan bukan “beban”. Hal tsb sesuai dengan konsep upaya dan hasil (orang akan melakukan upaya dahulu untuk mendapatkan hasil). Biaya adalah upaya yang dilakukan untuk mendapatkan pendapatan (Hasil).

Sedangkan kata “beban” tidak selaras dengan konsep upaya dan hasil, karena beban mempunyai makna akan sesuatu yang harus ditanggung (seakan-akan pendapatan didapat dahulu, dan karena mendapatkan pendapatan tersebut kita harus menanggung beban). Pengertian Expense (biaya) disini sejalan dengan apa yang tercantum dalam definisi elemen-elemen laporan keuangan di SAK.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s